0

Seni Bela Diri Muay Thai yang Banyak Peminatnya

Perkembangan seni bela diri di Indonesia kian pesat, mulai yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Mulai yang susah hingga mudah, dan ada serius hingga menyenangkan. Adalah Muay Thai salah satu seni bela diri mencakup segala sisi. Karena tekniknya mudah, bisa digunakan untuk jaga diri saat menghadapi pelaku kejahatan.

Muay thai sendiri adalah jenis seni bela diri yang berasal dari Thailand, berarti Tinju Bela Diri dari Suku Thai. Seni bela diri ini sudah ada sekitar dua ribu tahun lalu dan biasa digunakan oleh bangsa Siam di Thailand untuk melawan musuh dengan tangan kosong. Sampai saat ini, muay thai mulai berevolusi sehingga bisa digunakan sehari-hari tanpa menghilangkan unsur muay thai itu sendiri.

Muay thai memiliki teknik sederhana yang menjadi dasar dari setiap gerakan. Umumnya, seni bela diri memiliki jurus andalan tersendiri yang membedakan dengan jenis bela diri lain. Dalam muay thai sendiri, setiap orang bebas mengembangkan gerakan bela diri dengan teknik dasar tersebut.

Teknik dasar disebut dengan ‘Seni Delapan Tungkai’ atau ‘Ilmu Delapan Tungkai’, di mana para Nakmuay (sebutan orang yang mempelajari muay thai) menggunakan delapan titik tubuh sebagai pusat serangan. Yaitu tangan (kepalan), siku, lutut, dan kaki (tendangan).

“Di sini kita hanya ada teknik dengan menggunakan delapan tungkai, yaitu jab, strike, hook, uppercut, elbow, knee sama kick. Dari teknik itu bisa dikembangin lagi sama masing-masing orang, disebutnya shadow boxing,” ungkap Dicki, pelatih muay thai di Sabai Muay Thai, Tebet, Jakarta Selatan.

Sabai Muay Thai adalah salah satu perguruan muay thai di Jakarta, terletak di Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan. Di tempat ini, setiap orang dari berbagai kalangan bisa mempelajari muay thai. Selain itu, Sabai muay thai juga berlokasi di Bandung.

“Muay Thai bisa dipelajari sama semua kalangan. Member kita di sini ada yang umurnya delapan tahun, juga ada yang umurnya sekitar 50-an,” papar Pungkas, pelatih muay thai di Sabai Muay Thai, Tebet, Jakarta Selatan.

Sama seperti Thai Boxing, muay thai tidak menggunakan sistem level dalam pengajarannya. Dicki mengatakan, setiap nakmuay hanya dibedakan tingkat profesional dan amatir.

“Di sini gak ada level-levelan. Hanya dibedakan mana yang ahli mana masih harus belajar. Yang sudah ahli pun juga masih kita koreksi kesalahannya. Biasanya para pelatih yang menilai mana sudah ahli mana masih harus belajar,” jelas Dicki.

Di Sabai Muay Thai, terdapat tiga kelas, yaitu kelas kardio, kelas basic, dan kelas fighter, masing-masing dibedakan menurut fungsi. Kelas kardio diperuntukkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, juga untuk mempelajari teknik muay thai.

Kelas basic diperuntukkan bagi mereka hanya ingin mempelajari teknik muay thai, biasanya pemula masuk dalam kelas basic. Sementara kelas fighter diperuntukkan bagi para ahli sehingga mereka bisa mempelajari shadow boxing.

Hanya dengan Rp 50.000,- siapa pun bisa mendaftar sebagai member. Untuk pelatihan anda bisa membayar Rp 450.000,- untuk kelas basic, dan Rp 500.000,- untuk kelas kardio. Masing-masing pembayaran untuk delapan kali pertemuan.

Dengan jargon ‘The Only Place Where Fighting Can Be Fun’, Sabai Muay Thai menawarkan olahraga bela diri yang menyenangkan dan menyehatkan. “Sabai itu berarti sabar dan santai, jadi di sini kita melatih secara kekeluargaan. Supaya para member merasa nyaman dan saling respect.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *