0

Belajar Wing Chun, Seni Beladiri di Film IP Man

Seni beladiri Wing Chun adalah jurus kungfu yang menekankan pertarungan jarak dekat, pukulan cepat dan pertahanan ketat untuk mengalahkan lawan. Seni bela diri tradisional dari Cina ini menghancurkan kestabilan lawan lewat pergerakan kaki yang cepat, pertahanan dan serangan yang berlangsung secara simultan, mengalihkan serta membelokkan energi serangan lawan untuk memenangkan pertarungan. Sebuah metode kungfu yang kompleks dan menuntut waktu bertahun-tahun untuk dapat dikuasai, namun para pemula dapat dengan mudah mempelajari Wing Chun dengan memahami prinsip, teori serta keahlian dasar.

Mempelajari Prinsip-Prinsip dasar Wing Chun

Mempelajari teori garis tengah. 

Dasar dari ilmu silat Wing Chun adalah perlindungan garis tengah tubuh Anda. Bayangkan sebuah garis yang dimulai dari bagian tengah puncak kepala, terus membelah tengah dada dan berhenti di bagian bawah perut. Inilah garis tengah tubuh dan merupakan bagian yang paling lemah terkena serangan. Karenanya, harus dilindungi terus-menerus.

  • Menurut teori bagian tengah, Anda harus selalu menyerang sepanjang garis itu ke tubuh lawan sambil melakukan gerakan pertahanan terhadap tubuh Anda sendiri.
  • Posisi dasar kuda-kuda terbuka dalam Wing Chun didasarkan pada teori garis tengah. Dalam kuda-kuda terbuka, berdirilah menghadap ke depan dengan lutut tertekuk dan ujung kaki sedikit menghadap keluar. Dengan menghadapi musuh secara langsung, Anda akan mampu menyerang dengan kekuatan yang paling seimbang.

Bijaksana dan hematlah menggunakan energi. 

Kunci dari prinsip Wing Chun adalah bahwa saat bertarung, energi harus selalu dihemat dan digunakan sehemat mungkin. Gunakan energi lawan dengan menangkis atau membelokkan pukulan lawan. [2]

  • Bergeraklah dengan bijak dan hemat. Maksudnya di sini adalah bahwa tubuh Anda harus dapat bergerak dengan jarak sedekat dan secepat mungkin menyentuh tubuh lawan. Teknik ini sekaligus membantu menghemat energi Anda sendiri.

Tetap rileks. 

Tubuh yang tegang hanya akan membuang energi percuma. Jaga tubuh tetap rileks agar Anda lebih mudah bergerak.[3]

  • Jika Anda punya pengalaman dengan ilmu silat lain, (terutama yang “jurus keras”), pertama sekali Anda harus “mengosongkan cawan” atau membuang kebiasaan buruk dari ilmu silat lain itu. Wing Chun adalah ilmu silat lembut yang memiliki banyak teknik penetral serangan. Ini mengharuskan Anda menjadi “lembut” dan rileks. Pengondisian ingatan otot dan membangun kebiasaan melemaskan tubuh dapat sangat membuat frustrasi dan makan waktu, tapi akan sangat baik hasilnya dalam jangka panjang.

Asah refleks Anda. 

Dalam ilmu silat Wing Chun, Anda sebagai petarung harus mampu bereaksi menggunakan refleks cepat untuk mementahkan serangan dan merubah pertarungan ke tempo serta arah pertarungan yang menguntungkan Anda.

Ubah strategi pertarungan dengan menyesuaikan diri terhadap lawan dan situasi sekeliling. 

Musuh Anda boleh jadi bertubuh jangkung atau pendek, besar atau kecil, laki-laki atau perempuan, dan sebagainya. Begitupun, lingkungan tempat Anda bertarung juga pasti berbeda—di luar ruangan, di dalam, berhujan, panas, dingin, dan sebagainya. Bersiaplah selalu menyesuaikan gaya tarung dengan kondisi yang ada.

Pelajari teknik-teknik Wing Chun. 

Praktik silat Wing Chun dipecah menjadi suksesi rangkaian enam teknik berbeda, yang masing-masing dibangun oleh teknik sebelumnya. Di setiap teknik, Anda akan mempelajari kuda-kuda yang benar, posisi tubuh, gerakan tangan serta kaki, dan keseimbangan.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *